Komunitas dan Penerus Perubahan

Dalam sejarah dunia tidak pernah ada tokoh besar yang melakukan perubahan sendirian. Mereka selalu berjuang bersama rekan-rekannya dalam perkumpulan atau yang saat ini sering kita sebut komunitas. Jalur ini diambil agar langkah-langkah yang mereka lakukan menjadi terorganisir dan tujuan yang ingin dicapai lebih cepat terwujud.

Melalui komunitas, tujuan lebih cepat tercapai karena fungsi evaluasi berjalan baik. Banyaknya anggota yang ikut bertukar pikiran akan menghasilkan rumusan strategi yang efektif serta melihat dari berbagai sudut pandang. Selain itu, seringnya pertemuan akan memunculkan rasa kekerabatan yang erat sesama anggota. Sehingga teman-teman dalam komunitas bisa menjadi tempat berbagi canda dan tawa yang dapat membuat perjuangan menjadi lebih asik serta tidak membosankan.

Lebih jauh lagi, hal terpenting yang menjadi fungsi komunitas adalah kaderisasi. Tidak sedikit komunitas yang bubar atau akhirnya mati tanpa ada pergerakan. Salah satu penyebab ini terjadi adalah tidak samanya semangat antar anggota, terutama anggota baru. Padahal, untuk melakukan perubahan besar dibutuhkan waktu yang tidak singkat. Oleh karena itu, dalam komunitas haruslah ada proses transfer nilai untuk menjaga tujuan awal dan menciptakan generasi penerus perubahan lainnya.

Advertisements

About Mahdi Karim
Hamba-Nya yang ingin produktif berkarya untuk Ibadah dan kemaslahatan ummat

3 Responses to Komunitas dan Penerus Perubahan

  1. nong says:

    tanya:: gimana cara mempertahankan komunitas yang hampir bubar? , gimana cara menyatukan semangat antar angotanya?

  2. mahdikarim says:

    Maaf baru balas Len.
    Kalau sudah hampir bubar, mesti diselesaikan dari akarnya, yaitu tujuan mereka di komunitas tersebut. Satukan dulu pandangan seluruh anggota yang ada dengan mengajak bicara mereka semua. Tentunya agar timbul semangat, mereka harus merasa memiliki komunitas tersebut. Oleh karena itu, coba dulu ditanyakan keinginan mereka dan benturkan dengan tujuan awal komunitas tersebut. Dari situ, barulah kita cari solusi tengahnya.

  3. sangat bermanfaat. apalagi buat saya yang sedang jalankan komunitas.
    kalau ada kesempatan tolong posting gimana cara membangkitkan semangat dan perhatian para anggota komunitas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: